Jumat, 06 April 2012

Tentang Kawat Gigi


Assalamu’alaikum kawan-kawan
Kali ini aku mau share sesuatu nih,
Akhirnya, setelah tiga tahun lebih aku hidup bersama kawat gigi, dilepas juga pada tanggal 8 Maret lalu. Bisa makan tanpa nyangkut-nyangkut lagi. nah, mungkin ada temen-temen yang bertanya, kaya gimana sih rasanya pakai kawat gigi? Mungkin juga ada yang mau pake?



Kawat gigi itu komponennya (sok keren nih bahasanya) ada bracket, karet, dan kawat. Bracket itu yang bentuknya kotak-kotak dan dipasang di gigi pake lem khusus, rasanya aseem banget. Bracket ini terbuat dari stainless steel kata dokter gigiku. Ada juga sih bracket yang terbuat dari keramik, warnanya putih, jadi nggak begitu kelihatan dan harganya lebih mahal tentunya. Terus Kalau kawatnya, terbuat dari titanium katanya. ada karet yang warna-warni itu, kecil mungil unyu gitu, tapi bermanfaat, intinya sih buat mengikat.
Lama pasang berapa lama sih? Macem-macem,tergantung kasusnya. Ada yang Cuma 1,5 tahun, 2 tahun, atau 4 tahun pun ada. Aku sebenernya dulu cuma 2 tahun, tapi gara-gara sempet jarang control jadi 3 tahun lebih deh.

Sebelum pasang, dulu tu aku dicetak dulu giginya, pake sesuatu kaya plastisin, tapi baunya kaya pasta gigi dan rasanya mint-mint gimanaaa gitu. terus dari cetakan itu kan dilumuri bahan yang bisa mengeras, terus jadi deh kaya replica gigiku. Dicetak biar tau kan susunan gigi kita kaya gimana. Oiya, gigiku juga dirontgen buat dilihat susunan dari dalam.

Dulu gigiku juga ada yang dicabut karena aku kan masalahnya ada gigi yang numpang. Temenku ada yang serem bayangin gigiku di cabut, tapi ya mesti gitu, soalnya kan butuh ruangan buat menata gigi biar lebih rapi. 
Nah, tahapan pasangnya kaya gimana? ya bracketnya ditempel satu per satu, jadi lama, mungkin memakan waktu kurang lebih dua jam. pake lem asem yang ku bilang tadi, terus disinar, sinarnya warna biru. habis itu dipasang kawat dan karetnya. Lazimnya, setiap bulan control ke dokter , malah pas dua bulan pertama aku control dua minggu sekali. kontrolnya buat ganti karet sama ada yang dikencengin.

Suka dukanya? Ini dia yang paling berkesan selama pake kawat gigi. Mungkin ada temen-temen yang ngira pake kawat gigi itu oke, semacam gigi ada perhiasan. Tapi bagiku ini sebuah alat untuk membenahi sesuatu yang tidak semestinya.

Awal-awal pasang, rasanya tuh kaya gigi pengen dilepas aja. Semua gigi kaya ditekan semua, aku dua hari nggak bisa makan.Ada cerita nih, dulu aku sehari habis pasang malah diajak guruku makan di WS, alhasil cuma bisa makan kentang goreng sama minum es jeruk. Sedih…

Pas masih bulan-bulan awal, tiap kali habis control aku juga nggak bisa makan. kan dikencengin lagi kawatnya, jadi sakit. Nggak cuma itu, nanti ada saat gigi yang harus ditarik, dimundurin, atau diapain lah, tergantung masalah masing-masing. Nah itu juga rasanya  …. Butuh kesabaran dalam menghadapi masa-masa ini.  Belum lagi, rawan sariawan. Kayaknya pas masa-masa ini aku mesti makin kurus, L
Kadang, bracket gigi suka lepas, terutama pas makan, jadi  harus hati-hati. kalau ada yang lepas, disimpen buat dipasang lagi pas control. Aku pernah kehilangan sampe dua kali itu.

Pantangan? Makan sih biasa aja, asal nggak makan yang keras-keras dan alot, bisa bikin bracket copot. Butuh kesabaran kalau kita makan daging ayam atau sapi, soalnya alamat nyangkut. Paling sebel kalau pas ini. Sikat gigi biasa aja sih, cuma rada lama, kan siapa tau masih ada makanan keselip di kawat dan bracketnya.

Sampailah pada masa stabilisasi, saat gigi kita udah rapi. jadi kalau habis control nggak galau lagi, paling kaya gigi ditekan dikit. Stabilisasi sampe beberapa bulan. Oiya, sebelumnya aku rontgen lagi, buat dilihat susunan dari dalam. Kalau di dalamnya udah oke, baru deh dilepas. Setelah dilepas, rasanya bebas :D. tapi aku nggak boleh seneng dulu. gigiku dicetak lagi, buat dibikinin retainer, yaitu penyangga. Bentuknya gimana ya, kaya kawat biasa tanpa braket dan karet.  Eh, ada juga sih yang dari plastik, plastik bening berbentuk cetakan gigi (kaya cetakan kue gitu, tapi bentuknya gigi) . kalau yang plastik lebih mahal dikit daripada yang kawat. Fungsinya buat menstabilkan lagi,biar hasilnya lebih permanen lagi. enam bulan ke depan aku pake itu.Kalau retainer bisa lepas pake sendiri. Kapan pake kapan lepas? dilepasnya kalau pas makan sama mandi aja.

Pake retainer,kayaknya bakal repot dikit. Soalnya makan dilepas,tapi harus disimpennya dalam rendaman air. habis makan dipake lagi. Alamat makin kurus nih, soalnya intensitas ngemil berkurang banyak. hiks... ngomong juga jadi rada aneh, agak cadel. 

Nah ini bentukannya, yang kawat ...


Kalau yang plastik begini



Oiya, aku saranin kalau mau pake behel gigi kalau emang bener-bener butuh, bukan karena trend atau gaya-gayaan karena modelnya yang macem-macem dan beraneka warna. Sayang banget uangnya...


Oke, itu cuma sekedar info kecil tentang kawat gigi. Semoga bermanfaat teman-teman :D Kalau mau versi lengkap, dateng ke dokter gigi terdekat ya.


Wassalamu’alaikum J



Tidak ada komentar: