Kamis, 26 Juli 2012

Petualangan menuju Kedokteran, sesuatu banget … :)



Hai-hai-hai semua. Udah lama aku nggak post, selain karena males, bulan-bulan yang lalu aku memang lagi sibuk, perjuangan buat dapet sekolah. Alhamdulillah, akhirnya sekarang udah dapet. Catat, tanggal 6 Juli 2012 jam 19.00 adalah tanggal keramat untuk sebagian orang yang seperjuangan denganku. SNMPTN tulis.
Mungkin sebagian pembaca masih kelas XII SMA, saatnya bergalau akademik ria (tapi tak saranin jangan lama-lama ya). memang kok, aku aja dulu sering nangis. Baru nyadar kelas X sama XI jarang belajar, tau-tau kelas XII harus mempelajari materi tiga kelas.capek juga, berangkat pagi buat PMKT (pendalaman materi kelas tiga) sore masih bimbel,malem mau gak mau garap soal-soal…Dan di kelas XII, jadi mendadak lebih religius. Solat dhuha sama tahajjud lebih rajin, tapi besok-besok tetep harus diterusin.
Kelas XII memang penuh sensasi. Dag dig dug der.

Nah, aku mau cerita kisahku ya. jadi bermula saat aku disuruh masuk ke fakultas kedokteran. Hiah, memang, anak SMA di jogja, khususnya di SMA yang (katanya) favorit, berjibuuun bener yang pengen masuk kedokteran, termasuk diriku. Dari jaman dulu masuk kedokteran udah susah. Makanya kan aku bilang tadi sering nangis, Gara-gara ya itu.

Hari-hari dilalui dengan belajar dan ngerjain soal. Tapi, baru kelas XII ini aku merasakan sweet moment nya dari belajar, soalnya belajar bareng sama temen di perpus kota. Saling ngerjain soal bareng, kalo nggak bisa saling bantu ,uuu..sooo sweet.

Tibalah saatnya udah mulai pendaftaran, waktu itu sih masih universitas swasta yang buka, UMY. Semangat juang 45, aku kan pejuang kedokteran, waktu itu pikiranku ya kedokteran minded deh.. Ada jalur PMDK,aku ikut deh. lumayan optimis juga, kan aku punya sekolah yang (katanya) favorit, jadi buat masuknya gampang walaupun itu kedokteran.

Koran pun datang, membawa kabar berita  apakah aku diterima atau nggak. dan ternyata nggak. oke, 1 gagal. Eeeh, ternyata masih ada PMDK lagi di universitas yang sama, yaudha daftar lagi, dan ternyata hasilnya sama, gagal. Duh, susah bener masuk kedokteran. Udah mulai galau nih…tanggal berapa ya itu? ah lupa.

Sekitar bulan januari..eh februari ding, ada pengumuman siapa saja anak yang berhak daftar SNMPTN lewat undangan. Wuaa, ternyata aku dapet. Kayaknya raporku nggak bisa diharapkan deh nilainya,kok dapet ya? Alhamdulillah. Semangat lagi kan..konsultasi ke pak guru BK, baiknya kalau mau daftar kedokteran, dimana? Kalau mau UGM tu rankingku nggak bagus. Akhirnya, disuruhlah aku ke FK UNSOED. Oke, aku cuma milih satu thok til. Optimis nggak? optimis banget, secara temen-temen aku nggak ada yang milih kesana… rata-rata kalo fk pada UGM,UNS, ada juga yang UNAIR.

Habis daftar undangan itu, aku fokus juga buat UN. Lagi-lagi, garap soal..sampe jenuh to the max deh. Alhamdulillah, masih bisa bertahan. UN, ngerasa gampang ya nggak, susah ya nggak terlalu. Pokoknya udah tak kerjain apa yang kubisa deh.

Bulan mei, setelah UN itu, aku bimbel yang intensif SNMPTN tulis, kan undangan belum pengumuman. Aku galau juga tuh…gimana kalau undangannya nggak dapet? Yaudah, tanggal berapa ya itu, aku daftar tes di UII, ambilnya apa? kedokteran dong :p. kujalani tes dengan berpusing ria. Pasrah deh, ketrima gak yaaa…dan ternyata, nggak. bzzzzzz…tapi kan aku masih optimis dapet yang undangan,jadi nggak galau-galau banget.

Nah tanggal 26 Mei nih, keramat juga, pengumuman UN. Waaaaa, Alhamdulillah lulus :D. nilaiku juga ternyata, lumayan, masih rata-rata 8 lah. Tapi, awan kelabu menyelimutiku di sore harinya. Ternyata pengumuman undangan yang tadinya tanggal 28 jadi tanggal 26 sore. Berharap banyak diterima SNMPTN undangan, ternyata aku…gagal. Waaaaa, nangis sejadi-jadinya. Sms temen-temen, mereka rata-rata diterima, beberapa ada yang di fk UGM. Iri. Dan ternyata, yang rankingnya di bawahku pun ada yang masuk UGM, walaupun bukan kedokteran. Uu,,sediiih, mereka udah seneng-seneng, sementara aku masih belum.

Lemes. Tapi,,big thanks to ayah, ibu, mas sama adek yang tetep support aku, plus temen-temen yang menghibur dan nyemangatin aku. kan masih ada SNMPTN tulis.beberapa hari setelah galau, aku semangat lagi :D. kedokteran masih bisa kuraih kok , waktu yang tersisa masih 2 minggu lebih dikit.

Aku daftar SNMPTN tulis. Pilihan pertama,jeng-jeng..tadinya kau mau pilih fk Undip apa UNS ya, tapii..nekat deh, kedokteran UGM. Nah, pilihan kedua ini nih, aku konflik sama ibuku. Disuruhnya kedokteran gigi, tapi gak mau akunya. Pilihan dua mauku arsitektur, gak boleh T^T padahal kan aku lumayan suka nggambar. Akhirnya,..ini aku asal pilih nggak ya, moga-moga nggak, pilihan kedua jatuh ke farmasi UGM. Alhasil, dua-duanya aku UGM pilihannya.

Jeng-jeng…12 & 13 juni 2012, saatnya SNMPTN tulis. Berusaha sekuat tenaga nggak grogi, biar nggak blank. Makasih buat masku yang udah nganterin aku selama ikut tes, jogja macet bener euy, galau nek aku harus naik motor sendiri apa naik Transjogja.

Selama tes, apa yang aku rasain. TPA, aku kosong 15 nomer. Moga-moga aja yang kuisi bener semua, kalau nggak,,waaah. Terus kemampuan dasar, Alhamdulillah juga bisa ngerjain lumayan lah. Nah, di kemampuan IPA, aku nggak bisa ngerjain banyak-banyak banget. Tapi, untunglah soal fisika yang biasanya kalau tryout Cuma bisa ngerjain 2-5 nomer, kemaren bisa 11 :D

Tapi,ada satu hal yang menurutku masih misteri. Aku kan sukanya pelupa banget, nah, habis tes kemampuan ipa, aku nggak inget udah nulis kode soal apa belum.waaah, dalam hampir 3 minggu aku galau. Kalau beneran aku lupa, tamat riwayatku. Jadi, berdoa aja sama Allah, moga prasangkaku yang ini salah.

Habis SNMPTN tulis itu,UMY masih ada pendaftaran, tapi yang jalur tes. Oke, aku daftar dong yaaaa..Cuma pilih kedokteran umum thok (lagi lagi..), tanggal 16 Juni tesnya itu..aku bela-belain dateng wisudanya  SMA telat lo. Waktu jalanin tesnya,ngerasa bisa sih…tapi pas pengumuman? Oh no, gagal lagi.

Kedokteran oh kedokteran…

Galau tingkat bidadari. Apalagi seperti yang aku ceritain di atas, gimana kalau lupa ngasih kode, tamat riwayatku. Jangankan pilihan 1, pilihan 2 pun rasanya…apalagi farmasi banyak juga saingannya. Akhirnya aku daftar swasta lagi, jalur PMDK di UAD, tapi milihnya farmasi. Alhamdulillah diterima, tapi tetep aja masih galau, kan pengennya kedokteran…

Menunggu pengumuman harap-harap cemas. Doa nya makin dikencengin…dan ternyata pengumuman maju jadi tanggal 6 Juni! Tapi anehnya hari itu,aku udah mulai pasrah. Nggak apa-apa aku di swasta, sekolah kan yang penting kitanya rajin belajar J. Terserah Allah mau menempatkan aku dimana.

Jeng-jeng..jam 19.00. aku akses web snmptn.ac.id…. pertama-tama, lho kok susah? Dag dig dug hatiku. Akhirnya bisa, disuruh masukin nomer tes sama kode yang ada di laman itu. pasrah….

Jeng-jeeeeeng…terbukalah sudah. Dan ternyata aku masuknya di…FARMASI UGM saudara-saudara! WHAT? Kok bisa ???heran dan bingung-bingung, padahal tahu sendiri ketakutanku kemaren akan kode yang mungkin lupa kutulis, ternyata tidak terbukti.Seneng nggak? yaiyalah,,senang bukan main itu. Alhamdulillah, aku bisa dapet PTN :D setelah melalui hari-hari yang berat.

Tapi,,nggak ketrima kedokteran lagi..yah, gagal maning gagal maning. yap, aku udah terhitung 6 kali daftar kedokteran, udah ada keinginan masuk kedokteran sejak SMP lo. Dan ternyata Allah malah ngasih kejutan yang diluar dugaan. Milih farmasi itu aku dalam hitungan menit lo, nggak mikir panjang dan ternyata dapet. Speechless..begitulah takdir. Nggak ada yang tau.

Saat itu juga,aku hentikan petualanganku buat dapetin kedokteran. Wah, nyerah niih..? sama sekali nggak. dalam sholat, waktu nunggu pengumuman, aku doanya, “Kalau kedokteran adalah yang terbaik untukku, maka tempatkanlah aku disana  ya Allah, tapi jika bukan, maka tempatkanlah aku du pilihan kedua yaitu farmasi, atau di tempat lainnya”.soo, udah dijawab kan doanya?

Orang-orang tanya, termasuk ibuku, “mau daftar lagi nggak kedokterannya?” secara, masih banyak um di universitas negri, apa mau nyoba lagi tahun depan? Wah, tidak terimakasih. Kalau ada terbersit rasa kecewa, ya ada. Kan pengen kedokteran udah lama gitu loh. Apalagi fakultas farmasi deketan sama fakultas kedokteran, pasti pas awal-awal ada rasa iri sama anak yang kuliah disana. Haha,  tapi tak jamin deh, nggak lama. Aku sama sekali nggak nyesel kok berkali-kali daftar kedokteran dan gagal, paling nggak kan udah nyoba J

Begitulah petualanganku yang ujung-ujungnya diluar rencana. Akhirnya aku mengundurkan diri yang universitas swasta tadi dan memilih PTN nya J

Masih ada beberapa temen belum dapet kedokteran, sama kaya aku. Ya ada yang menerima dengan lapang dada, ada juga yang pengen nyoba lagi tahun depan, macem-macem deh. Tapi buat aku,sudah cukup sampai disini. sekarang punya pikiran baru, kalau mau sukses, nggak harus kok jadi dokter. Mau nolongin orang, mau jadi orang bermanfaat, nggak harus  kok jadi dokter. Apapun profesi atau pekerjaan kita nanti, yang penting jadi manusia bermanfaat J

6 komentar:

Annisa Fitriani mengatakan...

subhanallaah :O smangatt dek khusnul... :D

nun's diary mengatakan...

semangat juga buat mbak Sha :D sukses buat mbak dokter :*

Mashee mengatakan...

https://www.facebook.com/pages/Pengen-MASUK-Fakultas-Kedokteran/

Sarah bolo bolo mengatakan...

mbak?
aku aku juga berkali kali daftar kedokteran tapi ngak diterima , sampe 12 kali!!
dan terus akhirnya aku diterima di umy farmasi,
aku juga berdoa seperti anda "ya allah jika yang terbaik untukku kedokteran, maka terimalah aku di kedokteran, jika tidak maka berikanlah aku yang terbaik"
tapi, aku agak dihina sama sodar sodaraku karena aku ngak masuk kedokteran :( dan karena aku masuk farmasi
soalnya mereka beranggapan bahwa farmasi lebih sulit dari dokter dan farmasi itu kurang dihargai!
aku sedih :(

Syifa Arindasari D mengatakan...

Ka , baru kemarin aku lulus PMDK UMY 2015 pendidikan dokter, terus skrg mau nyoba snmptn undangan fk UGM , tapi it's like too impossible , jadi aku hrs gmna? :(

kaisar_sandi mengatakan...

Aku ada temen bisa masukin Fk

95% Diterima, byr belakangan kalau sudah diterima
085694333722