Selasa, 13 Desember 2011

Remidi oh Remidi..

UAS sudah berakhir. Saatnya bersenang-senang? Nanti dulu. Papan pengumuman di kerubungi anak-anak, pertanyaan muncul, namaku ada nggak ya di daftar remidi? Kok pelajaran ini nggak ada sih? Di papan pengumuman nggak ada, mencari guru mapel untuk tanya nilai. “Pak, boleh lihat nilai?” atau, “Bu, remidinya kapan?” Ruang guru jadi rame juga. Temenku bilang, ujian akhir semester berasa dua minggu, yang seminggu UAS nya, seminggunya lagi remidi.

Nah, ada pelajaran yang jadi top number one remidi, yaitu fisika, itu terjadi saat kamu kelas X dan XI. Gimana nggak, remdi seangkatan gitu. Paling satu kelas yuang nggak remidi cuma 1 atau dua biji, kalau guyonannya, “waaah..penghianat kelas niiih..” Bentuk remidinya ya itu, ngerjain soal UAS lagi. Berjejer lesehan di lorong-lorong kelas, ada juga yang memilih di perpus, soalnya cozy. Kertas jawaban anak yang nggak remidi disalin bareng-bareng. Solidaritas yang sangat tinggi yah!

Remidi, remidi, kamu beken banget sih.

Pagi ini sebelum aku menghadap leptop, ngerjain remidi UAS matematika dulu.  Remidinya dijadiin PR dan waktu ngerjainnya enak, aku dikasih tau kalau aku remidi hari kamis, maksimal ngumpulin hari selasa. Tenggat waktu 5 hari!

Dulu aku sering meratapi nasib, kok ya aku langganan remidi sih? Dulu waktu SMP  kadang-kadang, SMA..sering.ckckck. merasa aku ini kok ya bodo banget....padahal temen-temen yang senasib banyak. Tapi, orang-orang bijak berkata, remidi itu bukan berarti kamu bodoh, itu menandakan kamu perlu belajar lagi, biar lebih mudeng…SETUJU. Prinsip itu aku genggam terus walaupun aku kadang galau kalau remidi…apalagi lihat temen yang nggak. kayake aku juga udah belajar, tapi kok nilainya masih dibawah KKM…

Remidi bukan sesuatu yang buruk. Satu hal yang baru saja aku pikirkan dan itu sebuah hikmah, kenapa kok nilaiku bisa jelek gitu? Kalau di rumah latihan soal bisa-bisa aja tuh. Gimana nggak, my room is my heaven. Aku sangat nyaman belajar di kamar, ngerjain soal, plus nggak dikejar-kejar waktu. Nah, kalau pas ujian, aku sering banget gugup dan panikan, apalagi kalau kalau jawabannya nggak ketemu-ketemu. Mendadak blank, rumusnya rontok. Padahal soalnya sebenernya bisa aku kerjain. Tadi, aku ngerjain soal yang kemarin aku pikir ribet..ternyata simple dan cuma memakan waktu 1 menit karena aku rileks…waaaa..nyesel berat. Coba kalau soal itu bener, minimal nialaiku bisa pas KKM.  Bener kata temen aku, “aku usahain selain teliti, nggak panic.” So, besok kalau ujian,TO,atau semacamnya, akan kucoba buat lebih rileks. Bisa nggak ya aku kaya ngerasa ngerjain di kamarku? Semoga. Yep, teori yang oke, tinggal aku harus mempraktekkan. Doakan saya teman.

Ada lagi. Kemarin aku habis curhat sama temenku yang lagi sedih juga gara-gara remidinya banyak. Walaupun sedih, dia masih bilang ginil “kadang aku ngedong kalau habis remidi.” Walaupun ulangan sudah berlalu, nggak apa-apa kan ngedong setelah remidi. Ilmu kan dipakai nggak cuma pas ulangan.

Terus, hikmah yang lain apa ya? seperti yang udah aku ceritain, solidaritas. Hehehe…remidi kan bikin rame. Meningkatkan kekompakan anak-anak kelas. yang pinter ngajari yang belum ngerti.

Sensasi remidi itu seru. Nggak remidi, nggak gaul. Itu seni dari anak sekolahan,walaupun buat guru sebel. Tapi kan jadi punya cerita, ya nggak?Besok kalau udah sukses dan ada reuni, ada  cerita,” ini kan waktu kita remidi seangkatan..ya kan,kamu dulu gini..aku gitu….” 

Remidi nggak jelek kok, tapi  kita tetep harus berusaha maksimal biar nilainya tuntas loh. Nah kalau ternyata remidi, ya seperti aku bilang, hanya perlu belajar lagi…aku bilang begitu bukan berarti udah nggak galauan, tapi menasehati diri sendiri. :P 

Semangat teman, kita pasti bisa kok. 


Tidak ada komentar: