Senin, 26 November 2012

Hijab, trend atau...?

Seneng, sekarang udah banyak perempuan pake jilbab, nyebut hijab juga boleh deh, tapi just FYI aja, pengertian hijab tu luas, hijab artinya batas. Batas, sesuatu yang membatasi baik membatasi mata,kontak fisik ataupun hati. Berhubung ngetrendnya nyebut jilbab dengan sebutan hijab,aku ngikut aja deh. 



Kata ibukku,dulu tahun 90-an tu belum banyak wanita berhijab, ibuk aja kuliah belum pake. Nah kayaknya mulai banyak tu tahun 2000-an. Alhamdulillah. Nah makin kesini, model-model jilbab macem-macem. Dulu aku liat pake jilbab cantiiik banget ya tante inneke sama mbak zaskia.Waktu itu kan aku belum ngerti kalo ternyata hijab itu harus nutup dada. nah kalo sekarang,aku paling demen liat mbak Okki setiana dewi. jilbabnya lebar,syar'i dan cantik. Suatu saat (semoga secepatnya) aku bisa memantapkan hati memakai jilbab yang lebar dan istiqomah dengan itu.

20112012 ini..waow, makin berjibun dan hijab pun sudah mulai menjadi trend. Sekarang ke toko buku, banyak buku yang ngasih inspirasi model hijab . Bentuknya macem-macem uy! di youtube pun banyak tutorial. Mau pake pashmina kek,mau pake kerudung segitiga,mau pake..apa lagi? Terus daleman jilbab(ciput) pun nggak cuma yang model topi, ada ciput arab,ciput turki (iya bukan ya?) ciput ninja (kaya ninja hatori),de es be.

Tapi...kok aku ngerasanya, hijab yang ngetrend ini  kedudukannya cuma jadi trendsetter ya? Sama aja kaya trend make baju yang lain. Bagus sih, pake hijab warna-warni,tapi modelnya itu loh,banyak yang nggak sesuai. Misalnya, maksain kaya bentuk rambut. Bentuk kepang,kucir kuda, rambut tergerai. Terus, jilbabnya nekak banget ke leher,ketat gitu, bikin gerah. Lehernya kelihatan. Nah yang menurutku nggak oke juga, ciput yang ada kondenya, itu maksaaaaaa banget.  Emang kenapa harus ada bagian yang menonjol itu,masih masuk akal kalo itu merupakan rambut panjang yang diikat dan menonjol,nah kalau dari cepol di ciput, sebenere buat apa. terus, makenya berlapis-lapis en berbelit-belit. Nek mau wudhu gimana coba. Juga yang pakemciput ninja,itu ketat lho,aku pernah lihat temenku pake ciput ninja, nah pas wudhu wajahnya nggak kebasuh semua.

Aku ngerasanya, banyak yang kayaknya  pake hijab,tapi badannya masih mbentuk yang aduhai, dandanannya menor, perhiasannya alay. Kemayunya juga nggak kurang. Sama laki-laki juga nggak jaga jarak.tetep aja teplok-teplok colek-colek peluk-peluk.

Begitulah. Nah,aku kan termasuk perempuan yang nggak begitu mengikuti trend ini, kadang-kadang aja sih pake ciput yang arab itu. Terus model jilbabnya agak beda, pake jarum pentul. Pernah juga uji coba pake pashmina di rumah,tak bikin nutup dada lo ya, tapi masih ga pede pake pashmina kemana-mana. Yang paling sering aku pake jilbab model biasa aja J simple,nggak ribet,nggak ketat, enak kalau mau wudhu.

Pernah sih,gaya jilbabku ini dikritik kuno. Agak tersinggung,tapi mau ngapain juga marah...aku mendapat kesejukan hati saat masku bilang,”aku lebih suka lihat cewek pake jilbab yang biasa aja,” yang sering aku pake lah :) tos mas, kita sepakat.

Yah,aku nggak mau menyalahkan yang bikin trend hijab yang sekarang. Mungkin maksudnya baik,menjadikan wanita itu mau pake hijab dulu. Minimal nutup,walaupun belum sempurna. Cuma,poin-poin hijab syar’i agak dilupakan disini. Masih proses...

Bagiku jilbab atau hijab itu bagian dari diri kita sebagai muslimah.kalau nggak pake itu, berarti diri kita nggak utuh. Kalau  hijab kedudukannya cuma trend atau penutup kepala aja, walaupun dilepas ya santai-santai aja.  Kalo besok trendnya ganti nggak pake hijab, ya lepas lagi...

Yuk,sama-sama memperbaiki diri.

Tidak ada komentar: