Senin, 26 November 2012

Berkenalan dengan McMurry,Solomon, Vogel,Guyton...

Dulu, waktu SMA bukunya yang paling sering itu karangannya pak Sukino buat matematika,isinya banyak soal-soal latihan yang mbikin keriting. Michael Purba buat buku kimia, pak Marthen Kanginan atau Bob Foster buat buku fisika, kalau biologi aku lupa,yang jelas aku pake buku yang penerbit esis (kalau nggak lungsuran dari masku, nggak bakal beli buku ini,muahal). Kalo pas ikutan olim, aku baca bukunya Pak Campbell. 

Pas SMA,ngelihat buku anak kuliahan yang ehem...tebel itu, waw banget. Apa iya kuliah besok bukuku tebel gitu? Udah tebel, tulisannya kecil-kecil, bahasanya berat.aku baca buku Biologi Campbell aja udah abot pas SMA,ternyata sekarang lebih mending baca buku campbell daripada Guyton-Hall(yaiyalah).

Aku pun bertemu buku-buku karangan mereka. McMurry, buku kimia organik, kalau versi cetak 1000an halaman lebih. Aku punya e-booknya,bahasa Inggris (ngarep bener bukunya bahasa Indonesia). Terus Solomon juga idem sama McMurry. Kalau Vogel,itu buku analisis kimia, pas praktikum kimia farmasi dasar bisa buat referensi, untuk analisis kation anion misalnya. Nah kalo Guyton-Hall itu mengarang buku Textbook of Medical Physiology. Bahasa Inggris juga,1000an halaman juga, abot juga. Buat kuliah anatomi fisiologi manusia. Selain punya pak Guyton, ada juga bukuny pak Ganong sama pak Tortora.

Tapi kata bu dosen,aku harus mulai melatih baca literatur bahasa Inggris. Iyasih, kadang kalau versi terjemahannya kurang sreg, apalagi aku pengen study abroad. Harus latihan

Nah, kalau kitabnya anak farmasi yang ehem juga, walaupun bahasa Indonesia, adalah farmakope. Nyesel aku dulu sempet bilang “nggak mau kuliah di farmasi kaya mbak sepupuku,bukunya tebel banget segitu...” kena deh,aku kuliah disini dan memiliki buku farmakope lungsuran mbak sepupuku itu. Tebelnya gilaaak,tulisannya kecil-kecil, itupun fotokopian dari tahun 2000an, uuh,,lumayan bikin rabun juga,karena fotokopiannya ada yang rada ga jelas. Kalau mau beli asli, hehe,mahal bo.Udah beruntung dilungsuri. Nah farmakope ini emang buku panduan farmasi di tiap negara. Di belanda, namanya farmakope belanda, Inggris ya British Pharmacope, amerika ya US pharmaope,kalo indonesia ya Farmakope Indonesia. Yang ngeluarin depkes RI. Nah yang sekarang ini masih edisi keempat terbitan tahun1995,belum ada edisi V nya.

Nah begitulah..semoga aku tetep bisa semangat belajar  

Tidak ada komentar: