Minggu, 18 November 2012

Praktikum,laporan...praktikum,laporan...

Beberapa malam terakhir aku ngelembur, bangun kesiangan jam 5 bahkan setengah 6 T.T . Pengen latihan ngelembur tapi belum sukses. Ke depannya moga bisa deh, tidur malem tapi bangun pagi en tetep bisa berkualitas tidurnya.Salahku sendiri sih, liburan gini malah santai-santai paginya.Paginya aku browsing nyari MSDS yang berjibun, nyari struktur nya disambi browsing yang lain juga sih :p tapi kemarin sabtu aku beneran pergi dari pagi sampe sore kok.

Hmm..aku udah terhitung mau bikin laporan anfisman yang ke 8, kalo praktikumnya udah 8 kali mau jalan 9 kali. Jatahnya semester ini 9 kali praktikum anfisman, and...besok senin adalah the last praktikum anfisman. Kalo kimia farmasi dasarnya sih, udah 3 praktikum yaitu titrasi, kinetika reaksi dan ekstraksi. Kalo yang kinetika reaksi itu,aku dan kawan-kawan melakukan penggojokan (menggoyang2kan) labu erlenmeyer 9 labu, masing-masing penggojokan 20 menit bahkan 30 menit. Akhirnya kita nggojog sambil ngobrol deh,tapi tetep kelar kok :).  Nah ini, mau menjalani praktikum ke empat yang laporannya ini sesuatu bangeeet.  
Oiya, semua laporan praktikum itu ditulis tangan,  padahal udah ada komputer loh. Buat menghindari copy paste kali ya, minimal kalo laporan tulis tangan walaupun copy paste laporan master pun masih ada nilai perjuangan nulisnya.
Nah praktikum ke empat besok analisis kation, pake 30an lebih larutan, aku memutuskan nyari 27 MSDS dulu.Tau nggak, dasar teori yang kutulis aja lima lembar,dikali 2 jaid 10 halaman. Belum MSDS,hasil,pembahasan..jadi mini novel kali ya. Pegal, MSDS aku belum buat nih. Rencana jam 9 nanti sampe dhuhur, doakan aku kelar,habis itu aku mau bikin laporan anfisman.hohoho..
Nggak cuma anak farmasi, fakultas yang ngadain praktikum mesti begini kerjaannya. Soalnya nggak bisa asal comot sana sini buat bikin dasar teori, paling nggak dari buku atau jurnal begitu. Semester ini aku 2 makul ada praktikumnya, seminggu sekali praktikum anfisman, 2 minggu sekali kimia farmasi. Nah,semester depan 5 makul tuh ada praktikumnya, entahlah bakal kaya gimana dan laporannya juga kaya gimana ya? Semangat deh pokoknya.
Terus fakultas lain yang nggak praktikum, nggak pernah nglembur gitu? Sama aja. Mereka ada yang dikasih tugas yang nggak mudah. Kaya anak arsitek setauku nggambar-nggambar sampe lembur, bikin maket-maket juga kayaknya. Terus teknik-teknik yang lain juga entahlah tugasnya apa. Anak FK juga tuh, entahlah mereka ngapain aja,yang jelas kuliahnya padat.yang fakultas sosial aku ga tau sih,tapi mesti ada tantangannya juga. Intinya kuliah dimana aja nggak ada yang gampang,berangkat pulang leha-leha gitu, iya sih yang kuliahnya nggak niat.
Yuks,lanjut bikin laporan lagi...semangaaat :D

Tidak ada komentar: