Minggu, 11 Desember 2011

My lovely Vio

Holaaa….yak, bertemu lagi dengan saya yang sudah sangat lama sekali (kalimat g efektif) nggak ngisi blog. Insya Allah deh bakal update..hehehe.

Aku mau cerita tentang sbuah benda yang ada lekuknya, berlubang resonansi berbentuk huruf f, berdawai empat,terbuat dari kayu. Yak, my lovely violin. Bagi orang lain, itu sih biasa aja. bagiku, dia salah satu horcrux..hehehe. Sejarah aku punya dia itu,pas smp kan aku baru belajar tuh gara-gara coba-coba ikutan ekskul violin di sekolah,terus kado ultah ke 13, aku dibeliin deh. sekarang umurnya udah 5 tahun. Di toko musik dulu aku beli violin yang harganya paling murah,Rp 475.000..sekarang udah nggak ada yang harga segitu menurut survey di beberapa toko musik. Tulisan di dalamnya ”MADE IN CHINA”.Kenapa beli paling murah?Jaga-jaga kalau aku nggak bertahan lama belajar biola, jadi nggak rugi banyak. Ternyata, keterusan sampai sekarang belajarnya.
Setelah sekian lama, aku sering ngomelin biolaku itu, apalagi setelah aku banyak nyobain biola orang lain yang mahal. Jadi iri..pengen banget ganti biola. gimana nggak, berat banget…padahal punya temen-temen enteng.Selain itu susah disetem, udah gitu kalau udah setem suka turun-turun sendiri (maksudnya tiba-tiba jadi nggak setem lagi suaranya) padahal nyetemnya butuh waktu lama. Terus, senarnya yang aku pasang juga murah...mau beli pirastro? Harga 1 senar bisa buat jajan 2 minggu.Tapi jangan salah, dia samasekali bukan biola murahan.
Dibanding biola lain punya temen-temen aku, suaranya itu keras banget. Dulu mas-mas yang ngajarin aku biola waktu smp juga bilang suara biolaku keras. Nggak tau apa artinya, apakah biolaku dengan suara yang keras itu dikatakan bagus? Semoga. Tapi ya keras banget itu horror juga…aku beliin peredam, ternyata cuma ngaruh dikit. Tapi lebih enak dengernya.
Satu lagi, dan aku baru nyadar sekitar 1 tahunan,  dia itu kadang moody. Loh? Kadang aku ngerasa enak dan ringan mainin dia, kadang ngerasa berat dan nggak enak mainin itu biola. Hehe, mungkin akunya kali ya yang moody. So, aku nggak mau maksain diri kalau nggak begitu mood main biola ya udah…
Keinginan ganti biola semakin besar, waktu kelas X dan XI..pokoknya kalau aku udah mainnya bagus pokoke harus ganti. Aku udah searching ke internet nyari biola, tapi..ihik. ternyata harganya muahal-muahal rek. Tabunganku bakal ludes kalau beli itu biola. aku juga udah ke rumah violin yang di deket sekolahku, biolanya bikin pengeeen…tapi ya itu, harganya aku lihat 1 juta keatas (yaiyalah, jaman sekaraaang…)
Tapi akhir-akhir ini keinginan pinging ganti biola berkurang. Kenapa? Seperti aku bilang di atas, dia udah jadi horcruxku barangkali?  Entah kenapa aku sekarang nggak suka main biola ornag lain. kemarin aja nyobain biola adek kelasku yang kelihatannya biola mahal, nggak nyaman. apa karena aku nerveus takut matahin senarnya atau nggak,tapi aku nggak suka. Main lagu pun nggak mantep. Sedangkan kalau pake biolaku, nyaman bangeet. Padahal udah aku certain kan biolaku gimana?
Ya, itulah makna dari sebuah benda kesayangan. Kalian pasti juga punya benda kesayangan kan? dulu aku juga heran, kok temenku masih mempertahankan hape yang udah lecet sana-sini, tipe jadul, padahal dia mungkin mampu beli hp yang oke. ternyata rasanya sama kaya aku. udah menyatu. Ada juga orang yang punya bantal, udah kucel, bau, tapi nggak bisa tidur tanpa itu bantal. Itulah chemistry antara kau dan barang kesayanganmu.
Nggak usah heran kenapa orang masih mempertahankan barang kesayangannya yang bagi orang lain itu nothing. Kalau menilai hanya dengan nilai uang semata, bukan apa-apa lah. Tapi, nilailah sesuatu dengan nilai yang lain. Kamu bisa nggak menukar kenangan dengan uang kan?

Tidak ada komentar: